Kamis, 07 Maret 2013

Sosial media menurut pandangan islam

Di jaman sekarang ini sudah tidak bisa di pungkiri lagi bahwa hampir setiap orang dari mulai remaja, anak-anak, sampai kalangan orang tua sudah pasti mengenal yang namanya media sosial seperti facebook, twitter, YM dan masih banyak lagi yang lainnya, media sosial sangatlah baik dan banyak memberikan dampak positif bagi kehidupan manusia akan tetapi juga dapat berdampak negatif jika pengguaannya terlalu berlebihan.

bagi teman-teman muslim hendaknya dapat memfilter dan memilih-milih jangan sampai penggunaan media sosial menjerumuskan kita.
disini terlebih dahulu saya akan mencoba memberikan dampak positif dari media sosial itu sendiri
  1. media sosial dapat menyambung talli silahturahmi dengan kerabat, saudara, ataupun teman-teman yang lama yang sudah tidak bertemu, Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya Rahmat itu tidak diturunkan kepada kaum yang di dalamnya ada seorang pemutus keluarga.”(HR. Bukhari) . dari sabda Rasulullah tersebut jelas bahwa islam sangat membenci oran yang memutuskan tali silahturahmi dan dianjurkan untuk menjalin tali silahturahmi dengan banyak orang.
  2. hal positif lainnya adalah dengan memanfaatkan media sosial kita dapat melakukan kegiatan bisnis tentunya yang sesuai dengan hukum-hukum islam.
  3. media sosial juga kita dapat memanfaatkan sebagai jalan dakwah atau menyampaikan ajaran islam.
  4. dengan media sosial juga kita dapat mencari jodoh yang sesuai dengan keingingnan kita dan tentunya insya Allah sesuai pula dengan agama kita.
  5. kita dapat memperoleh banyak informasi yang berguna yang kita butuhkan, dan masih banyak lagi kelebihan lainnya.
nah dari sekian kelebihan tersebut jika kita tidak pandai menyikapinya terdapat pula dampak positifnya antara lain adalah 
  1. berawal dari media sosial sering terjadi tindak kejahatan seperti penipuan. pembunuhan, pemerkosaan, penculikan dan lain-lain.
  2. dengan seringnya kita menngunakan media sosial dapat membuat kita jadi malas bersilahturahmi melalui dunia nyata yang tentunya lebih banyak membawa manfaat.
  3. media sosial dapat pula mengakibatkan kita lupa beribadah karena terlalu asik.
dari kelebihan dan kekurangan diatas saya menarik kesimpulan bahwa kita harus menanamkan dalam diri kita bahwa islam itu bukanlah agama yang ketinggalan jaman akan tetapi islam juga tidak terlalu mengikuti perkembangan jaman oleh karena itu kita harus pandai-pandai memilih cara dalam pergaulan sosial jangan sampai kita di kuasai oleh dunia tapi kitalah yang harus menguasai dunia agar kita dapat mengontrol semua tidakan kita dengan membentengi diri menggunakan hukum-hukum islam yang sesuai dengan Al-Quran dan Hadist.

Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat untuk banyak orang dan sahabat muslim dimanapun berada, jika ada kesalahan saya mohon maaf karena disini saya hanya berbagi tips menurut pandangan saya
Assalamualaiku.. 

2 komentar:

Unknown mengatakan...

apakah ada peran media sosial sendiri bagi agama??????

Unknown mengatakan...

Media sosial bisa digunakan sebagai sarana dakwah